Jenis teh ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dinasti kerajaan di China, yang hanya disuguhkan kepada keluarga kaisar. Oleh karena kelangkaannya dan kegunaannya bagi tubuhlah maka teh ini sengaja tidak disebarluaskan oleh pihak kerajaan pada masa itu. Saat ini teh putih telah dapat diproduksi di Indonesia, bahkan telah diekspor ke negara-negara seperti Jepang, Korea dan Taiwan.

Teh putih adalah terbaik untuk kesehatan. Teh putih merupakan satu-satunya jenis teh yang memiliki kandungan antioksidan terbanyak, bahkan beberapa penelitian mengatakan teh putih memiliki 3 kali lipat kandungan antioksidan dibanding teh yang lainnya dikarenakan tidak difermentasi.

Diambil pada waktu dini hari dari pucuk teh tertinggi yang masih memiliki bulu-bulu halus dan dipilin sehingga menyerupai jarum, apabila diseduh warna air menjadi kekuningan dan daun teh bisa melayang dan berdiri seperti jarum ditengah-tengah gelas atau poci. Dalam setahun hanya bisa dipanen beberapa kali saja karena diambil dari pucuk daun teh.

Manfaat teh putih (white tea) :

  • Menguatkan kekebalan tubuh dan anti penuaan dini
  • Mencegah kanker penyakit kardiovaskular
  • Mencegah penyempitan pembuluh darah, mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung coroner